Wednesday, February 1, 2012

Amanah Tuntutan Ilahi

Amanat merupakan kebalikan dari khianat. Kata amanat ini disebutkan dalam Al-Qur’an.
“Artinya : Sesungguhnya Kami telah mengembankan amanat kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, namun semuanya tidak bersedia, karena takut mengkhianatinya, lalu amanat itu diterima oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zhalim lagi sangat bodoh”.
Jangan pernah bermain dengan kepercayaan, sekali bermain dengan kepercayaan mungkin kita akan terus-terus dan terus untuk mempermainkannya... sobat.. kepercayaan itu ibarat mata pisau.. akan sangat baik jika kita mempergunakannya dengan sebaik mungkin.. akan tetapi juga sebaliknya ia akan melukai kita saat kita mempermainkannya.
Diantara gambaran hilangnya amanat itu ialah diserahkannya urusan orang banyak seperti urusan kepemimpinan, ke khalifahan, jabatan, peradilan, dan sebagainya kepada orang-orang yang bukan ahlinya yang tidak mampu melaksanakan dan memeliharanya dengan baik. Sebab menyerahkan urusan tersebut kepada yang bukan ahlinya berarti menyia-nyiakan hak orang banyak, mengabaikan kemaslahatan mereka, menimbulkan sakit hati, dan dapat menyulut fitnah di antara mereka.
Dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberitahukan bahwa kelak akan datang tahun-tahun yang penuh tipu daya dan keadaan menjadi terbalik. Yaitu orang yang benar didustakan dan orang yang suka berdusta dibenarkan, orang yang dipercaya berkhianat, dan pengkhianat diberi amanat, sebagaimana akan dibicarakan haditsnya dalam pembahasan mengenai “Di antara tanda-tanda hari kiamat ialah dimuliakannya orang-orang yang rendah dan hina
jangan dilihat bagaimana kita mempercayainya. Mungkin itu bisa membuatmu sadar seberapa besar kepercayaan itu ada padamu... ingatlah saat kita merusak kepercayaan itu dan kembalikan itu kediri kita bagaimana hati kita menerimanya ?

2 comments:

  1. Tidak jarang, untuk membangun kepercayaan dibutuhkan waktu sampai bertahun-tahun. Tapi, untuk menghancurkannya hanya dibutuhkan waktu satu menit atau bahkan kurang.

    Semoga kita senantiasa memiliki sifat amanah, sebagaimana para rasul Allah pun menyandang sifat ini.amin

    ReplyDelete
  2. betul sekali pak Irham ,,, amin

    ReplyDelete