Thursday, January 12, 2012

Cerai

perceraian tidaklah mudah seperti pernikahan,Apabila, seorang suami sangat berang terhadap istrinya sehingga terlontar kata cerai,maka tidak akan terbersit cerai ketika tidak terdapat saksi diantara mereka pada saat terucap kata tersebut.
Itupun berlaku ketika seorang suami tidak dalam kondisi yang tidak sadar, misalnya sangat marah dan sedang gelap mata sehingga berkata cerai di luar akal dan niat sehatnya, maka dianggap tidak akan terjadi perceraian.
Sebab, dalam Islam, perempuan dan laki-laki mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Yang berbeda hanya status dan perannya saja. Begitu halnya meminta cerai, itu bukan milki suami saja, tetapi juga milik istri. Kalau suami yang menceraikn istri, itu namanya thalaq (talak). Sedangakn istri minta diceraikan oleh suaminya, itu namanya khulu' (khuluk).
- Seorang perempuan atau istri mempunyai hak bicara, untuk memperjuangkan suara hati nuraninya (Hak Privacy) kepada Pemerintah (untuk kontek di Indonesia sama, KUA).

- Ortu atau wali memang berhak menikahkan putri atau orang yang d bawaj tanggungjawabnya: Namun, di hadist lain, ortu atau wali tetap meminta persetujuan yang mau dinikahkan itu.

- Islam memang membolehkan menikah kepada orang yang belum bertatap muka, namun menyunahkan untuk melakukan "nadzor" (memandang calon suami/istri) ketika masa khitbah, dengan memperhatikan adab-adab yang telah diatur oleh Allah AWT.

- Ketika istri minta diceraikan oleh suaminya (khulu'), maka ia harus mengembalikan mahar (mas kawin) yang dulu diberikan suami kepadanya.

Dalam menceraikan istrinya, suami tidak boleh langsung menjatuhkan thalaq bain (talak tiga), sebab bisa jadi ketika sudah cerai merasa menyesal dan ingin kembali (rujuk). Apabila langsung talak tiga, maka mantan istrinya harus menikah dulu sama orang lain, baru boleh dinikahinya lagi.

walaupun demikian, tetap masih banyak suami yang sayang sama istri, bukan suami takut sama istri. Bener lho!

11 comments:

  1. Cerai suatu perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah....

    ReplyDelete
  2. cerai itu takdir dr tuhan atau takdir yg dibuat manusia sih???

    ReplyDelete
  3. @Iyan konjo ipass: yups jangan sampai ya kalau bisa sampai nenek kakek hehehhe...
    @x.m.i.n.t.o.o.x:amin insya allah...
    @jamal lewinsky..tergantung situasi dan kondisi gan,,,ane juga mohon sama yang kuasa jangan sampai cerai,kasian anak-anak

    ReplyDelete
  4. Nikah aja belum mau cerai... Apa kata dunia... Amit2 dah...

    ReplyDelete
  5. cerai ??... wah itu mah tanda suami dan istri yg keduanya gk becus ngelola rumahtangga ....

    ReplyDelete
  6. Ia cerai tuh sangat dibenci Allah, masa pacaran penuh dengan cinta tapi pas nikah pada pengen cerai...

    ReplyDelete
  7. semua orang g pernah berniat ber cerai...tapi
    semua nya ..datang dengan tiba2 dan.
    di dorong ber macam2 masalah....

    ReplyDelete
  8. @mastokekenari:hehehhe iya ya,,jgn sampai deh ya,,cerai,,insya allah.

    @deganshah:makanya jgn cepat menikah sebelum banyak pertimbangan,,,cerai itu kejam,hehhhe

    @parta dinata..yups...100% tul kang hehheh

    ReplyDelete
  9. @muhammad fajar...nikah dengan iklas dan restu dari orang tua,setelah segalanya mapan,,tapi jangan sampai cerai ya...

    ReplyDelete
  10. dibenci, namun tidak diharamkan...lebih baik melakukan yg dibenci namun tidak berdosa daripada dipaksakan bersama lalu saling menyakiti yang justru merupakan dosa yg nyata lagi diharamkan

    ReplyDelete