Sunday, December 4, 2011

""sabar menghadapi ujian hidup""

Tuhan menciptakan manusia dalam dzat yang berbeda,,ada yang kaya,miskin,cantik buruk ..kuat dan lemah itu semua di ciptakan untuk menguji keimanan semua umat manusia sebagaimana di terangkan dalam alqu'an,surat al hajj,ayat 11-13: yang artinya,
''''22:11. Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.

22:12. Ia menyeru selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudarat dan tidak (pula) memberi manfaat kepadanya. Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh.

22:13. Ia menyeru sesuatu yang sebenarnya mudaratnya lebih dekat dari manfaatnya. Sesungguhnya yang diserunya itu adalah sejahat-jahat penolong dan sejahat-jahat kawan.""'
dari ayat di atas allah menjelaskan bahwa,orang tetap iman nya akan bergembira,apabila mendapat nikmat dan kebaikan,sebalik nya akan murtad,bila di timpa segala bencana dan cobaan,apabila tdk menyembah allah,dengan harapan untuk melepaskan diri mereka dari segala cobaan,mereka mendapat kerugian dunia dan akhirat,dan mereka termasuk golongan sesat.
--->orang yg beriman apabila mendapat ujian dan cobaan dari allah,maka mereka akan sabar tawaqal dan tabah menerima nya,karena mereka sadar bahwa setiap ujian dan cobaan yang menimpa nya sudah di tentukan allah.
--->dan apabila mereka putus asa,juga menyalahkan takdir allah,dan sanggup melakukan kemungkaran karena ingin terbebas dari kemiskinan dan meninggalkan agama islam karena terpengaruh agama lain,yang menjanjikan kemewahan hidup di dunia itu mereka di golongkan pada kaum yg tdk beriman.
--->ketika orang mu'min yang sedang di uji allah dengan berbagai masalah dan cobaan yang menimpanya apabila sabar dan tawakal menghadapinya,akan mendapat kedudukan yg mulia di mata allah,dan akan mendapatkan pahala yang lebih tinggi dari orang2yang mengerjakan amal ibadah lain nya,,,
--->ujian dan cobaan yang menimpa mereka,apabila mereka mampu melewati dan menghadapinya, seseorang yang menunjukan dirinya demikian dan allah menyerukan bahwa dia termasuk golongan yang di beri keistimewaan oleh allah,maka segala ujian dan cobaan nya untuk membersihkan,,,apabila tdk melakukan hal hal yg menyimpang.
--->sabar adalah lebih mulia,sifat tersebut dapat di tempuh disekeliling kita,karena "sabar"adalah salah satu sifat ALLAH,maha penyabar' semoga bahasan kali ini lebih membuat kita lebih sabar,dalam menghadapi cobaan dalam kehidupan kita sehari hari amin" :)

No comments:

Post a Comment